PENERAPAN METODE PIECES DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN CUSTOMER TERHADAP SISTEM INFORMASI PENJUALAN

Muhammad Reza Romahdoni, Winardi Winardi

Abstract


PT. Karya Sakti Diesel dalam melakukan pemasaran dan transaksi penjualan sudah menggunakan sistem yang berbasis website. Namun, dalam dalam mengetahui tingkat kepuasan customer perlu dilakukan evaluasi terhadap sebuah sistem informasi penjualan untuk menilai apakah sistem informasi penjualan yang digunakan sudah dapat memenuhi kebutuhan atau belum khususnya para customer dan admin perusahaan PIECES Framework. PIECES Framework sendiri merupakan suatu alat dalam menganalisis sistem informasi yang berbasis komputer, dimana terdiri dari point-point penting yang berguna untuk dijadikan pedoman/ acuan dalam menganalisis sistem tersebut. Secara singkat, PIECES Framework mengandung hal-hal penting dalam pengevaluasian sistem, seperti: Performance, Information and data, Economics, Control and security, Efficiency, dan Service Berdasarkan hasil perhitungan daftar pernyataan yang diberikan kepada responden dari 6 domain yang terdapat pada kerangka kerja PIECES terdapat satu domain yang memperoleh nilai tertinggi yaitu 4.40 yang terdapat pada nilai performance dengan predikat SANGAT PUAS dan terdapat dua domain lainnya menunjukkan predikat PUAS diantaranya economic dengan nilai rata rata 3.85 dan efficiency dengan nilai rata rata 4.02 Sistem informasi penjualan berdasarkan kerangka kerja PIECES sudah mampu memberikan kepuasan kepada pengguna.

Full Text:

PDF

References


T. J. Husnita and M. el-K. Kesuma, “Pengelolaan Arsip Sebagai Sumber Informasi Bagi Suatu Organisasi Melaui Arsip Manual Dan Arsip Digital,” J. El-Pustaka, vol. 01, no. 02, pp. 27–41, 2020.

E. Octafiona, M. el-K. Kesuma, and A. Bashori, “Kesiapan Arsiparis Menggunakan E -Arsip Dalam Tata Kelola Kearsipan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Raden Intan Lampung,” El-Pustaka J. Ilmu Kepustakaan dan Inf. Islam, vol. 01, no. 01, pp. 86–99, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/elpustaka/article/view/6744.

F. FAHMIZAL, B. B. MURTI, D. B. PRATAMA, and A. MAYUB, “Kendali Logika Fuzzy pada Car Like Mobile Robot (CLMR) Penjejak Garis,” ELKOMIKA J. Tek. Energi Elektr. Tek. Telekomun. Tek. Elektron., vol. 6, no. 3, p. 451, 2018, doi: 10.26760/elkomika.v6i3.451.

S. Chen, Y. Ren, D. Friedrich, Z. Yu, and J. Yu, “Sensitivity analysis to reduce duplicated features in ANN training for district heat demand prediction,” Energy AI, vol. 2, p. 100028, 2020, doi: 10.1016/j.egyai.2020.100028.

A. Herdiansah, “Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor Pada Dealer Umkm,” vol. 9, pp. 81–90, 2020.

Supriyatna.Adi, “Analisis Dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Dengan Menggunakan Pieces Framework,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. XI, no. 1, pp. 43–52, 2015.

M. S. Safarudin, “Analisis Kepuasan Pengguna Marketplace Tokopedia Dengan Metode PIECES di Tokopedia Community Batam,” SNISTEK - Semin. Nas. Ilmu Sos. dan Teknol., no. 1, pp. 109–114, 2018.




DOI: https://doi.org/10.69769/seat.v1i1.15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.