Analisis Pengaruh Preferensi Dan Motivasi Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Pada Santri Pondok Pesantren Diniyyah Putri Lampung

Iis Ariska Nurhasanah, Muhammad Sanjaya, Mega Putriyani

Abstract


Kebutuhan akan produk halal semakin meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat muslim akan apa yang dikonsumsinya. Mengkonsumsi produk halal merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh seorang muslim. Produk halal tidak hanya sebatas makanan, saat ini sudah banyak produk halal yang dikembangkan seperti kosmetik, fashion, tourism, hotel, rumah sakit, dan logistik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian produk kecantikan pada santri pondok pesantren Diniyyah Putri Lampung. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini terdiri dari santri pondok pesantren diniyyah putri lampung yang berjumlah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa lebel halal memiliki pengaruh positif dan signifikan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk kecantikan pada santri pondok pesantren diniyyah putri.

Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Label, Halal


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v1i1.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.