MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK IPHONE (Studi Kasus pada Konsumen Pengguna Iphone di Bandar Lampung)

Rudi Kurniawan

Abstract


ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara komponen marketing mix (produk, harga, promosi, dan distribusi) dengan keputusan konsumen dalam menggunakan telepon seluler merek iPhone. Sampel terdiri dari 100 responden yang menggunakan iPhone di Bandar Lampung, dipilih secara acak oleh penulis selama penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan studi pustaka. Sebelum analisis dilakukan, data yang terkumpul diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data mencakup analisis deskriptif, kualitatif, serta analisis statistik regresi dan korelasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, faktor produk, harga, promosi, dan distribusi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan iPhone. Secara berurutan, produk, distribusi, dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen, dengan produk menjadi faktor yang paling dominan. Namun, promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam penggunaan iPhone. Hubungan antara produk dan keputusan pembelian atau penggunaan iPhone dipengaruhi oleh variabel harga, sedangkan hubungan antara harga dan keputusan pembelian atau penggunaan iPhone dipengaruhi oleh variabel produk dan promosi. Selain itu, hubungan antara promosi dan keputusan pembelian atau penggunaan iPhone dipengaruhi oleh variabel produk dan harga, dan hubungan antara distribusi dengan keputusan pembelian atau penggunaan iPhone dipengaruhi oleh variabel harga.
Kata Kunci: marketing mix, produk, harga, promosi, distribusi, dan keputusan konsumen

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aaker, DA (2011). Managing Brand Equity : Capitalizing on The Value of a Brand Name, New York : Maxwell Macmillan Inc.

Dharmmesta, B.S. dan Irawan, (2013). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta : Liberty.

Dharmmesta, Basu Swastha dan Hani Handoko. (2000). Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Liberty.

Djarwanto dan Pangestu Subagyo. (1996). Statistik Induktif. Yogyakarta : BPFE

Fandy Tjiptono. (2000). Strategi Pemasaran. : Yogyakarta : Andi Offset.

Husein Umar. (2003). Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Info Komputer. (2002), “Tunai atau Kredit PC : Konsumen Ingin Ponsel Berfasilitas PDA”, Majalah Info Komputer, Juni 2002. Jakarta : PT. Prima Infosarana Media.

Kertajaya, H. Elisawati, V. dan Wibowo (2006). Bermain Dengan Persepsi KasusPemasaran Asli Indonesia, Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip (1997). Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Prenhallindo.

Kotler, Philip. (2009). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. (2005). Metode Penelitian Survai. Jakarta :LP3ES.

Parasuraman, A. (2003). “The Nature And Determinant of Customer Expectation ofService”, Journal of Academy of Marketing Science, 21 (1) 1-2.

Singgih Satoso dan Fandy Tjiptono. (2001). Riset Pemasaran dan Aplikasi Dengan SPSS. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Stanton, William J. dan Y. Lamanto. (2009). Prinsip Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta.

Swastha, Basu dan Ibnu Sukotjo. (2013). Pengantar Bisnis Modern. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandy. (2000). Manajemen Jasa, Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.

Van Trijp, Hans C.M, Hoyel Wayne D, dan Inman J. Jeffrey. (2006). ”Why Switch?Product Category-Level Explanations for Thue Variety-Seeking Bahavior”,Journal of Marketing Research, Vol. XXXIII, August, pp 281-292.

Winardi. (2011). Marketing dan Perilaku Konsumen, Bandung : Penerbit CV.Mandar Maju.

Ratna Nur Kartika (2002); Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Komputer di Kaledia Yogyakarta, Skripsi, Tidak Dipublikasikan, Yogyakarta : UII




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v4i2.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.