IMPLEMENTASI MYOB VERSI 18 PADA USAHA BIDANG JASA PENDIDIKAN

Yannisa Rahmawati, Rahma Diani Sormin

Abstract


Sebagai langkah terakhir dalam proses akuntansi, Laporan Keuangan menyajikan informasi terkait posisi keuangan dan perubahan dalam keuangan suatu entitas usaha. Data ini memberikan manfaat bagi pemakai laporan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Dalam rangka penyusunan laporan keuangan, unit usaha sebaiknya mengadopsi pendekatan komputerisasi. Pemanfaatan sistem komputerisasi memungkinkan pelaksanaan kegiatan akuntansi menjadi lebih akurat, efisien, dan menghasilkan penghematan waktu dan tenaga. MYOB (Mind Your Own Business) adalah salah satu program yang dapat secara otomatis menyusun laporan keuangan, mendukung efisiensi dalam proses tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan dengan menggunakan aplikasi seperti MYOB dalam penyusunan laporan keuangan, terlihat bahwa proses ini menjadi lebih efisien dan cepat. Aplikasi ini memberikan beberapa keunggulan, seperti kemudahan penggunaan, fleksibilitas, dan kemampuan untuk menghasilkan data dengan cepat tanpa persyaratan yang rumit.


Keywords


MYOB, Laporan Keuangan, Sistem Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Aprilia Puspasari, E. Y. (2020). Peerapan MYOB Accounting V.18 dalam Penyusunan Laporan Keuangan PT. Sumber Megah Perkasa. Journal Sentra Penelitian Enginering dan Edukasi, 1-10.

Fauzi, A., Rivai, I., Nurhikmah, M., Anarsyah, R. T. P., & Nugroho, B. (2023). Pengaruh Aplikasi Keuangan Myob Terhadap Kinerja Karyawan Dan Fleksibelitas Waktu Dalam Perusahaan Jasa Studi Literature Review Jurnal. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 18-23.

Fauziah. (2017). Buku Dasar-Dasar Akuntansi. Jakarta: Ilmu.

Merdiana Era Safirti, R. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Computer Attitude dan Fasilitas Laboratorium Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar KOmputer Akuntansi MYOB. Economic Education Analysis Journal, 30-43.

Normah. (2018). Implementasi IT Pada Sistem Informasi Akuntansi PT. Master Grafika Jakarta. Journal Teknik Komputer, 56-65.

Riyadi, S., & Apriana, V. (2019). Penerapan Aplikasi Myob Untuk Pengolahan Data Akuntansi Studi Kasus: PT. Quantum Electrindo Lestari. Jurnal Mantik Penusa, 3(2, Des).

Riani, M. R., & Wati, R. (2020). Implementasi Software Myob Accounting V16 dalam Pengelolaan Data Keuangan Perusahaan (Studi Kasus: PT ICSM Indonesia).

Septariani, Z. d. (2020). Analisis Kelebihan dan Kekurangan Serta Kebermanfaatan Menngunakan Software Accurate, MYOB, Zahir Accounting dan Penerapannya di Universitas Indraprasta PGRI. Journal of Applies Business and Economics, 341-353.

Yannisa, R. d. (2021). Metode Pencatatan dan Pengaruhnya pada Laporan Keuangan. Journal of Economic and Bussiness Retail, 1-5.

Yulianita, A., Marissa, F., Imelda, I., Asngari, I., Harunnurasyid, H., & Adnan, N. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan UMKM dalam Menyusun Laporan Keuangan Sektor Barang dan Sektor Jasa dengan Program MYOB di Masa Pandemi COVID 19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 3(1), 81-88.




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v4i1.169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.