PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN MAMI, LAMPUNG)

ahmad mustofa, ana chosiatul azizah, agus triono, Vicky f Sanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayaan, yaitu: Bukti fisik (tangibles); Reliabilitas (reliability); Daya tanggap (responsiveness); Jaminan (assurance); Empati (emphaty), serta pengaruh kualitas produk yaitu: 1) Performance (kinerja) berhubungan dengan karakteristik operasi dasar dari sebuah produk. 2) Durability (daya tahan) terhadap kepuasan pelanggan rumah makan mami Lampung dengan sampel sebanyak 93 orang pelanggan. Sampel dilakukan dengan pengambilan data melalui kuisioner. Analisis data menggunakan analisis PLS yang menunjukkan hasil bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Buku

Prof Dr Sugiyono, Notoatmodjo, Widi. 2016. Buku Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Buku Uji Validitas Dan Reliabilitas.

Philip, Kotler, and Gary Amstrong. 2013. “Prinsip- Prinsip Pemasaran.” Penerbit Erlangga.

Artikel Jurnal

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2016. “Prinsip- Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi Ke-16.” Manajemen Pemasaran.

Kotler, P, and G Armstrong. 2008. “Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi 12.” Jakarta: Erlangga.

Artikel Jurnal Online

Mu’tashim, Mush’ab Ihsan, and Alim Setiawan Slamet. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Coffee Shop Di Kota Bogor).” Jurnal Manajemen dan Organisasi 10(2): 118–32.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. “SERVQUAL: A Multi-Item Scale for Measuring Customer Perception of Service Quality.” Journal of Retailing.

Kusuma Wardani, N . L. 2018. “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI ANGKRINGAN SEPANJANG JALAN BARU KOTA PONOROGO.” IAIN PONOROGO




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v4i1.162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.