ANALISIS PERSPEKTIF MASYARAKAT DAN PELAKU UMKM PADA PENJUALAN BARANG THRIFT DI ONLINE SHOP

Yannisa Rahmawati, Rahma Diani Sormin, Erdi Julham

Abstract


Penjual barang-barang thrifting di Indonesia saat ini sudah banyak dilakukan, thrifting bila dilihat dari sudut pandang pegiat lingkungan merupakan sebuah konsep yang dapat diterapkan guna menyelamatkan bumi, salah satunya dengan cara mengurangi sampah pakaian yang sulit terurai. Seiring berkembangnya penjualan barang thrifting di Indonesia, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan barang thrifting khusunya pakaian dapat merusak industri pakaian tekstil dalam negeri. Disisi lain anggota DPR RI Adian Napitupulu mengatakan tren thrifting (pembelian barang bekas) tidak mempengaruhi bisnis UMKM Indonesia. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perspektif masyarakat sebagai konsumen serta pelaku UMKM yang merasa dirugikan atas maraknya penjualan barang bekas yang diimpor dari luar negeri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini masyarakat memilih thrifting merupakan pilihan untuk orang yang ingin barang/produk branded tetapi tidak mampu membeli yang baru, namun tidak semua orang bersedia membeli barang bekas. Thrifting merupakan perilaku dan tidak semua orang memiliki perilaku yang sama. Pelaku UMKM menilai persaingan merupakan hal yang wajar, bagaimana pelaku UMKM meningkatkan penjualan melalui strategi pemasaran baik online maupun offline adalah yang lebih penting.

Keywords


UMKM, Thrifting, Fashion

Full Text:

PDF

References


Amirudin. (2016). Metode Penelitian Sosial. Sleman: Dua Satria Offset.

Fa'ziah Maulidah, I. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Pakaian Bekas. Tata Busana, 62-68.

Jumriati, R. S. (2019). Eksistensi Pedagang Barang Bekas Import di Tembilahan Kabupaten Inragiri Provinsi Riau. Jurnal Mayarakat Maritim, 41-63.

Yannisa Rahmawati, A. A. (2021). Sistem Informasi Manajemen Daerah dan Pengawasan untuk Akuntanilitas Laporan Keuangan Daerah. Journal of Economic and Bussiness Retail, 37-43.

Zachary Fadli, A. F. (2021). Mengukur Tingkat Persepsi Risiko Konsumen Terhadap Produk Pakaian Bekas. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, (pp. 1156-1161). Bandung.

https://www.cnbcindonesia.com/news/20220812110343-4-363238/zulhas-bakar-baju-segudang-nilainya-miliaran-ada-apa

https://www.tvonenews.com/ekonomi/108361-soal-larangan-thrifting-adian-napitupulu-yang-dibela-pakaian-china-atau-umkm?page=1




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v3i2.106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.