SISTEM INFORMASI ABSENSI MAHASISWA BERBASIS WEB MOBILE PADA INSTITUT BAKTI NUSANTARA

Taufik Taufik

Abstract


Institut Bakti Nusantara saat ini masih menggunakan sistem manual pada proses absensi mahasiswanya, hal ini dapat menimbulkan beberapa kendala yaitu terdapat siswa yang memanipulasi kehadiran. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi absensi berbasis web mobile dengan sebuah server yang mengontrol semua data siswa. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah sistem informasi absensi siswa berbasis web untuk memudahkan pendataan absensi berikut databasenya. Dengan menggunakan pengembangan perangkat lunak waterfall, penulis mencoba membangun sebuah sistem informasi absensi siswa berbasis web mobile pada kampus INSTITUT BAKTI NUSANTARA menggunakan bahasa pemrograman php dan xampp sebagai web server serta MySql sebagai databasenya sehingga proses input dan olah data lebih cepat. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah dan siswa dalam proses absensi mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


U.-U. T. S. P. Nasiona, “Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

D. Kusmana and H. Kuswara, “Sistem Informasi Absensi Siswa Berbasis Web Dengan SMS Gateway Pada Sekolah Mnengah Kejuruan Al - Munir Bekasi,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 6, no. 2, p. 18, 2017.

S. Enggari and Darman, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Siswa MTsN Pariaman Selatan Dengan Menggunakan PHP MySQL dan SMS GateWay,” no. 1, 2016.

A. S. Jefrison, “Perancangan dan Implementasi Aplikasi Absensi pada SMA N 3 Salatiga Berbasis Android Artikel Ilmiah Perancangan dan Implementasi Aplikasi Absensi pada SMA N 3 Salatiga Berbasis Android Artikel Ilmiah,” 2016.

Al Husain, “Perancangan Sistem Absesni Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintect Berkah Abadi,” 2017.

A. Saefullah and S. Santoso, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online ( E- Commerce ) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif,” vol. 1, no. 1, pp. 53–64, 2014.

Afifa Septriasih, “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Promosi Dan Penjualan Online Untuk Meningkatkan Hasil Pertanian Di Wilayah Kabupaten Pringsewu,” pp. 25–31, 2017.




DOI: https://doi.org/10.69769/seat.v4i2.210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.