Implementasi E-voting pada Pilkades di Kecamatan WayLima,Kabupaten Pesawaran Berbasis Website

rina wati, Elisabet YA, Muhamad Brilliant, Niza Miyati

Abstract


E-voting adalah singkatan dari electronic voting yang merupakan sebuah sistem pemungutan suara yang menggunakan teknologi elektronik. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan dan mengevaluasi sistem e-voting berbasis website untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat di dalam Pilkades di wilayah Kecamatan Way Lima, Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini melakukan penelitian kualitatif melalui studi kasus. Informasi dikumpulkan melewati wawancara, observasi dan pengumpulan informasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa sistem e-voting berbasis website telah berhasil dikembangkan dengan fitur-fitur yang lengkap, seperti pendaftaran pemilih online, verifikasi identitas pemilih, pencoblosan online, dan real count. Implementasi sistem e-voting meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat dalam Pilkades. Penelitian ini merekomendasikan agar sistem e-voting terus dikembangkan dan disempurnakan untuk meningkatkan keamanan dan keandalannya. Perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang sistem e-voting agar penggunaannya semakin optimal. Pemerintah perlu mempertimbangkan untuk menerapkan sistem e-voting secara lebih luas di wilayah lain..

Full Text:

PDF

References


K.Karmanis, “Electronic-Voting(E-Voting) dan Pemilihan Umum (Studi Komparasi di Indonesia, Brazil, India, Swiss dan Australia),” Mimb. Adm., vol. 18, no. 2, pp. 11–24, 2021.

OkyIndraJaya,“Ada1DesaTerapkane- VotingdiPilkadesSerentakPesawaran Lampung,” TribunPesawaran.com. [Online]. Available: https://lampung.tribunnews.com/2022/12/17/ ada-1-desa-terapkan-e-voting-di-pilkades- serentak-pesawaran- lampung#google_vignette

S.MaryuniandR.L.Sitorus,“Implementasi Kebijakan E-Voting Dalam Pemilihan Kepala Desa Di Kabupaten Mempawah Provinsi Kalimantan Barat,” J. Adm. Publik danPembang.,vol.2,no.1,pp.53–66, 2021.

Y. Yuliadi, M. T. A. Zaen, M. Mustakim, and S. P. Az-zaen, “E-Voting Pemilihan Presiden Mahasiswa Pada BEM STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 8, no. 6, pp. 308–314, 2021.

D. Amiruddin, I. Y. Ruhiawati, and M. Murnati, “RANCANG BANGUN APLIKASIE-VOTINGKETUAOSISDI SMAPGRI1KOTASERANG,”J.Sist.Inf.danInform.,vol.4,no.1,pp.14–25, 2021.

N. Idenanda, R. A. Nugroho, and T. B. Santoso, “Penerimaan Masyarakat Terhadap Sistem E-Voting dalam PelaksanaanPilkades di Desa Butuh Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali,” Sospol J. Sos. Polit., vol. 8, no. 1, pp. 1–15, 2022.

Z. P. Franta, “Persepsi MasyarakatMengenai Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode E-Voting di Desa Surodadi Kecamatan Tugumulo Kabupaten Musi Rawas,”J.Gov.danAdm.Publik,vol.4,no. 1, pp. 17–22, 2020.

M. Halwan, M. Darwin, S. Setiadi, and N. I. Kurniawan, “Digitalisasi Demokrasi dalam Penerapan E-Voting Pada Pilkades di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan,” J. Soc. Policy Issues, pp. 182–187, 2022.

R.Lampung,“PulangKampung,Wartawan SeniorBangunTamanWisataEdukasiDi WayLimaPesawaran.”Accessed:Feb.28, 2024. [Online]. Available: https://www.rmollampung.id/pulang- kampung-wartawan-senior-bangun-taman- wisata-edukasi-di-way-lima-pesawaran

S.Susmanto,M.Munawir,E.Erdiwansyah, Z. Zulfan, and D. Setiyadi, “Perancangan E- Voting pemilihan Kepala Desa untuk Transparansi Informasi di Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh,” J. Serambi Eng., vol. 7, no. 1, 2022.

R. Novaldi and M. F. Adnan, “Pengaruh Penerapan E-Voting Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Waliagari Batu Taba Kabupaten Agam Tahun 2019,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 5, no. 1, 2021.

F. A. Syam, Y. Darmayunata, and A. Afriansyah, “Perancangan Sistem E-Voting Untuk Pemilihan Ketua OSIS SMP Negeri 10 Pekanbaru,” Zo. J. Sist. Inf., vol. 1, no. 2,pp.75–85,2019.




DOI: https://doi.org/10.69769/seat.v4i2.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.