Sistem Informasi Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja Menggunakan Metode Use Case Point

Muhammad Reza Romahdoni, Maulina Agustin -, Rahma Diani Somin, Danu Budiono -

Abstract


Abstract Pendampingan UMKM) adalah praktik membantu dan mendukung pemilik UMKM di banyak bidang perusahaan mereka. Tujuan pendampingan UMKM adalah untuk mendukung mereka dalam mengatasi hambatan dan meningkatkan daya saing dan kinerja bisnis mereka. UMKM menerima pendampingan berikut: konsultasi bisnis, pelatihan dan pengembangan, akses ke sumber daya, dukungan teknis, pendampingan dan bimbingan, koneksi dan jejaring, dan bantuan untuk masalah khusus.Dalam metode Use Case Point, diawali dengan menentukan nilai actor sistem dan kerumitan Use Case (Unadjusted Actor Weight) dan (Unadjusted Use Case Weight). Kerumitan teknis (Techinical Complexity Factor) dan environtment (Environtmental Factor) berdasarkan sisitem yang digunakan. Selanjutnya dilakukan teknik pengukuran Productivity Factor, Effort Estimation, dan Use Case Points Pengembangan studi kasus Sistem Informasi Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja yang digunakan dalam studi ini merupakan proyek yang relatif berisiko rendah dan membutuhkan sekitar 1.214. jam kerja. Secara umum, risiko Sistem Informasi Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Kinerja tidak berlebihan, jumlah pekerjaan yang diperlukan sedikit, dan kru kecil diperlukan. Dengan mengevaluasi hasil pembuatan sistem lengkap, penelitian ini dapat dikembangkan.

Full Text:

PDF

References


S. Salahuddin, “Model Perancangan Aplikasi Pemasaran Produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Lhokseumawe,” J. Infomedia, vol. 5, no. 2, p. 38, 2021, doi: 10.30811/jim.v5i2.2085.

T. Riko Rivanthio and A. Razak, “Perancangan Sistem Informasi UMKM dan Kelompok Tani Bunga di Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur,” Tematik, vol. 6, no. 2, pp. 174–183, 2019, doi: 10.38204/tematik.v6i2.255.

M. E. Hiswati, P. Wanda, I. W. Ordiyasa, L. R. Utami, and S. Rs, “Model Digital Marketing Terintegrasi UMKM melalui Aplikasi untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Tanaman Biofarmaka,” vol. 25, no. 10, pp. 192–196, 2022.

A. Ayuningtyas, Y. Indrianingsih, and U. Mauidzoh, “Optimalisasi Pengenalan Produk Unggulan Desa Melalui Pelatihan Website Promosi Kecamatan Patuk Gunungkidul,” vol. 4, no. 3, pp. 490–495, 2020.

A. P. Putri, A. A. Hetami, F. Fourqoniah, and A. N. Andriana, “Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM,” vol. 3, no. 2, pp. 828–839, 2022.

M. Agustin and M. Deliana, “A Review Gender diversity dan Environmental, Social, and Governance (ESG) terhadap financial performance,” J. Bus. Adm. Entrep. Creat. Ind., vol. 2, no. 2, pp. 96–103, 2023, doi: 10.32734/jba.v2i2.13299.

Y. Rahmawati, R. D. Somin, and E. Julham, “Analisis Perspektif Masyarakat Dan Pelaku Umkm Pada Penjualan Barang Thrift Di Online Shop,” J. Econ. Bussiness Retail journal.Instidla.ac.id, vol. 03, no. 02, pp. 1–4, 2023.

C. K. Rifki Adhitama, “Effort Estimation Menggunakan Metode Use Case Point untuk Pengembangan Perangkat Lunak,” J. Informatics, Inf. Syst. Softw. Eng. Appl., vol. 1, no. 1, pp. 63–70, 2018, doi: 10.20895/INISTA.V1I1.

F. Ristanti, A. D. Herlambang, and M. C. Saputra, “Evaluasi Biaya Pengembangan Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode Extended Use Case Point Dan Use Case Size Point,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 10, pp. 4039–4048, 2018.

E. Prayitno, “Penggunaan Metode Estimasi Use Case Points ( UCP ) Dalam Proyek Software Domain Bisnis,” J. Inform., vol. 4, no. 2, pp. 241–248, 2017.

M. R. Romahdoni, A. K. Prikurnia, R. Kurniawan, N. Sakti, and K. Pesawaran, “Penerapan Sistem Registrasi Uji Kompetensi,” Softw. Eng. Technol., vol. 4, no. 1, 2024.




DOI: https://doi.org/10.69769/seat.v4i2.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.