PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB PENDATAAN PKH (STUDY KASUS DESA PRINGSEWU SELATAN)

Jeprianto Jeprianto, Priyono Priyono, Muhamad Brilliant, IIS ARISKA NURHASANAH

Abstract


Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan sosial bersyarat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin di Indonesia. Dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pendataan penerima PKH, penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem informasi berbasis web yang dapat mendata dan mengelola data penerima PKH di Desa Pringsewu Selatan. Sistem informasi ini dirancang untuk mempermudah proses pendataan, pengelolaan data, dan pelaporan penerima bantuan secara real-time. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall yang meliputi tahap analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototipe sistem informasi berbasis web yang dapat diakses oleh petugas pendataan untuk memasukkan, memperbarui, dan mengelola data penerima PKH. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan akurasi data, mengurangi kesalahan dalam pendataan manual, serta mempermudah pemantauan dan evaluasi program PKH di Desa Pringsewu Selatan.

Full Text:

PDF

References


Koran-sindo.com/page/news/2017- 11 -28/1/2/ketahanan-pangan.

Titik Lestari dkk, 2009, perancangan sistem informasi scheduling SIT (system integration test) berbasis web pada PT.Collega Inti Pratama.

Apridawati dan Nuraminudin, 2016, pembuatan aplikasi untuk penerimaan BLT pada desa tegalwangi berbasis web.

Edy Martha dan Dewi Agushinta.R, 2012, analisis dan perancangan sistem informasi eksekutif study kasus pada sekretariat kabinet.

Suryati dan Bambang Eka Purnama, 2010, pembangunan sistem informasi pendataan rakyat miskin untuk program beras raskin pada desa matren kecamatan kebonang kabupaten pacitan.

Abdul Kadir, 2003, pengenalan sistem informasi, Andi Offset, Yogyakarta.

Tutik Lestari dkk, 2017, pengertian sistem informasi.

Jefferly Helianthusonfri, 2014, website dahsyat pencetak uang dengan wordpress, PT.Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Apridawati dan Nuraminudin, 2016, pengertian dan definisi website.

Abu Ahmadi, 2009, ilmu sosial dasar, RenikaCipta, Jakarta.

2010 Dinsosnaker trans kota tangerang selatan, edited dan design: mmc/www.mmccdpp.webs.com

Richardus Eko Indrajit, 2005, E-Goverment, Andi, Bandung.

Muhamad Muslihudin dan Oktafianto, 2016, APSI, Andi, Bandung.

Brilliant, M., & Nurhasanah, I. A. (2024). Inovasi Desain E-Laundry untuk Mengoptimalkan Kinerja dan Keuntungan Bisnis UMKM Jasa Laundry di Kabupaten Pesawaran. SEAT: Journal Of Software Engineering and Technology, 4(1), 17-22.




DOI: https://doi.org/10.69769/seat.v4i2.190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.