IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MEMBANTU SISWA SMA DALAM PEMILIHAN PROGRAM STUDI DI SMAN 1 SENDANG AGUNG DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP)

Joni Joni, Afrizal Martin, Suyono Suyono

Abstract


SMA Negeri 1 Sendang Agung menghadapi tantangan signifikan dalam penentuan jurusan siswa, yang saat ini dilakukan secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel. Keterbatasan ini dapat mengakibatkan ketidakpastian dan ketidakcocokan antara minat serta kemampuan siswa dengan jurusan yang dipilih, berpotensi memengaruhi kinerja akademik mereka. Untuk meningkatkan keakuratan dan efisiensi, diperlukan pendekatan sistematis dan otomatis. Penelitian ini mengusulkan metode Weighted Product (WP) sebagai solusi efektif dalam pengambilan keputusan, memungkinkan seleksi jurusan yang lebih akurat berdasarkan minat dan keterampilan siswa. Evaluasi dan implementasi lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan kualitas proses penentuan jurusan di SMA Negeri 1 Sendang Agung

Full Text:

PDF

References


A. Rahmawati and S. Hudayah, “pengaruh atribut kerja, budaya perusahaan, dan kepemimpinan terhadap motivasi dan kepuasan kerja. Pengaruh atribut kerja, budaya perusahaan, dan kepemimpinan terhadap motivasi dan kepuasan kerja,” Juranal Manajeman, vol. 11, no. 2, pp. 103–115, 2019.

I. Ayu and A. Suprayetno, “P Analisis PT. Studi kasus Pei Hai International Wiratama Indonesia menunjukkan bagaimana budaya organisasi, kepemimpinan, dan motivasi kerja mempengaruhi kepuasan kerja karyawan dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kinerja bisnis.,” Semin. Univ. Mulia Balikpapan, vol. 10, no. 2, pp. 124–135, 2008.

I. Ramada, “Di PT. MNC Skyvision, Tbk Cabang KPU Pekanbaru, hubungan komunikasi interpersonal dengan motivasi kerja dan kinerja pegawai,” UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2019.

K. L. K. Philip Kotler, Manajemen Pemasaran (Jilid 1) (Edisi 13). Jakarta: Erlangga, 2009.

R. I. Fauzi, Pengatar Manajeman Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset, 2018.

Garaika, Buku Ajar Statistik : Pedoman Untuk Peneliti. Sumatera Selatan: STIE Trisna Negara, 2019.

Brilliant, M., Nurhasanah, I. A., & Rahmadaniah, D. (2023). PERBANDINGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DAN K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK KLASIFIKASI WAKTU TUNGGU ALUMNI DALAM MEMPEROLEH PEKERJAAN (Study Kasus SMKS PGRI 2 PRINGSEWU). SEAT: Journal Of Software Engineering and Technology, 3(2), 15-20.

Brilliant, M., & Nurhasanah, I. A. (2024). Inovasi Desain E-Laundry untuk Mengoptimalkan Kinerja dan Keuntungan Bisnis UMKM Jasa Laundry di Kabupaten Pesawaran. SEAT: Journal Of Software Engineering and Technology, 4(1), 17-22.

Joni, J., & Brilliant, M. (2023). PERANCANGAN APLIKASI E-FUTSAL SPORT BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MOBILE GIS DAN GPS DI KABUPATEN PRINGSEWU. SEAT: Journal Of Software Engineering and Technology, 3(2), 37-45.

Nurhasanah, I. A., Brilliant, M., Reni, K., & Mulyanto, A. (2022). Analisis Perancangan E-Business B2C (Business to Consumer) Upaya Digitalisasi Pengembangan UMKM (Studi Kasus: Kabupaten Pesawaran, Indonesia). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 11(3), 236-248.




DOI: https://doi.org/10.69769/seat.v4i2.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.