Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM di Kabupaten Pesawaran (Studi Pada Usaha Fashion Yasmin Wiwid)

Weni Yunisa Adriani, Nanda Andres Octavini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saing UMKM Pada Brand Fashion Yasmin Wiwid. Metode penelitian yang digunakan adalah strategi STP, strategi pemasaran marketing mix, dan analisis SWOT dengan mengetahui analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Hasil penelitian melalui strategi STP (segmenting, targeting, positionong) yang didapatkan adalah untuk segmenting secara geografis tidak ada pengkhususan terhadap produk yang dijual, secara demografis konsumen Yasmin Wiwid adalah wanita dengan usia 18 – 50 tahun, pekerja kantoran dan urban area, secara psikologis konsumen yang menjadi sasaran adalah konsumen yang memiliki minat fashion tinggi dan pencinta produk ramah lingkungan, dan secara perilaku tidak ada segmentasi, namun profil resiko konsumen dalam pembelian produk akan ditentuka sendiri dengan yang sesuai. Target pasar brand fashion Yasmin Wiwid berfokus kepada pecinta fashion yang ramah lingkungan baik konsumen di dalam maupun di luar negeri. Yasmin Wiwid menggunakan positioning sebagai brand fashion produk ecoprint dimana produk yang dihasilkan menonjolkan keramahan lingkungan dengan penggunaan bahan alami dengan proses produksi hingga akhir meninggalkan limbah sesedikit mungkin (zero waste) untuk melindungi lingkungan. Analisis marketing mix 4P, melalui produk yaitu, desain produk dan variasi serta menjaga mutu produk. Untuk harga buatlah daftar harga, dan berikan potongan harga. Untuk tempat dan distribusi gunakan jasa paket untuk mengirimkan pesanan pelanggan. Untuk promosi mengunakan sales promotion, digital marekting dan direct marketing. Analisis SWOT yang didapatkan strategi S-O adalah dengan menciptakan pola desain khas Lampung, menjaga kualitas produk serta memperluas jangkauan pemasaran dengan melaksanakan event-event baik yang ada di dalam maupun luar negeri. Strategi W-O adalah dengan meningkatkan proses produksi dengan menggunakan teknologi agar lebih efektif dan efisien, memberikan pelatihan secara berkala kepada para pekerja dan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Strategi S-T adalah melakukan pengembangan pola desain, menjaga kualitas produk, melakukan proses produksi dengan memanfaatkan limbah dan menciptakan trend fashion ecoprint. Strategi W-T adalah menyerahkan rencana alokasi pinjaman sementara kepada Dinas Koperasi dan UMKM dan berinovasi menciptakan produk kreatif.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Marketing Mix ; Daya Saing


Keywords


Strategi Pemasaran; Analisis SWOT; Marketing Mix ; Daya Saing

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 2013. Stratetic Management. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Danny, Muhammad. 2013. Analisis Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Daya Saing pada PT Citra Van Titipan Kilat (Tiki). Jurnal

Effendi, Armanda. 2016. Analisis Strategi Keunggulan dengan Menggunakan Analisis SWOT pada Bengkel Mobil di Kabupaten Pesawaran. Skripsi.

Tjiptono, Fandy. 2010. Strategi Pemasaran, Edisi 3. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta : Andi.

Hidayat dan Sedarmayanti. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 14. Jakarta : Erlangga.

Syahputra dan Sofiyah. 2013. Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Daya saing Pada Perusahaan Susi Air di Medan. Jurnal

Supriya Dinata. 2013. Analisis Strategi Bisnis Pada CV Liana Jaya dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jurnal

Siagian, Sondang. 2011. Manajemen Strategik. Jakarta : Bumi Aksara.

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta : Erlangga

Sugiono. 2010. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rangkuti, Freddy. 2005. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. J




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v2i1.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.