ANALISIS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA PORTOFOLIO PRODUK UNILEVER

Nanda Andreas Octavini, Weni Yunisa Adriani, Nopi Yana, Rolando Mandela

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis matriks  Boston Consulting Group (BCG) pada portofolio produk Unilever dan merumuskan strategi pemasaran yang tepat berdasarkan analisis matriks Boston Consulting Group (BCG). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi pustaka dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah matriks Boston Consulting Group (BCG). Berdasarkan hasil pemetaan pada  matriks Boston Consulting Group (BCG) dapat dijelaskan bahwa kesepuluh produk Unilever menempati kuadran (posisi) yang berbeda-beda yaitu :  pada kuadran I atau Question Mark ada empat produk yang dipetakan ke dalam kuadran ini yaitu Savory, Spread, Tea and Soy Beverages, House Hold Care. Produk tersebut memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi namun pangsa pasar yang rendah. Hal ini perlu ditingkatkan agar semua produk dapat bergeser ke posisi Star . Pada kuadran IV atau Dog ada enam produk yang berada dalam kuadran ini yaitu Skin Cleansing, Skin Care, Oral Care, Deodorant, dan Hair Care. Pada kuadran ini pertumbuhan produk sangat kecil dan pangsa pasar juga rendah. Oleh karena itu, perusahaan harus melakukan sesuatu agar produk tersebut tetap dapat bersaing dan berkembang dan bisa bergerak ke posisi Question Mark.


Keywords


Matriks BCG, Portofolio, Boston Consulting Group

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofyan. 2013. Manajemen Pemasaran, RajaGrafindo,

Kotler, Philip & Gary Armstrong, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Riswandi,et.al. 2017. Suatu Tinjauan Strategi Pemasaran Melalui Pendekatan BCG (Boston Consulting Group) Studi Kasus Pada PT. Unilever Tbk. Jurnal Ekonomak. 3(1)

Rynca, R. 2016. Using the idea of the Boston Consulting Group Matrix in Managing a University. Journal of positive Management. 7(1):70.

Suwarsono. 1996. Manajemen Strategik: Konsep dan Kasus. UPP AMP YKPN.

Umar, Husein, 2008, Strategik Management In Action, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Muntadawa, E., Kanuma, N. T., Rusatira, E., Mugenzi, P., Govere, I., & Foti, R. 2009. Analysis of coffe export marketing in Rwanda: Aplication of the Boston consulting group matrix. African Journal of Business Management. 3(5):210-219

Wahyuandari. 2013. Analisis Matrik Boston Consulting Group Terhadap Portofolio Produk Guna Perancangan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal Universitas Tulungagung Bonorowo. 4(1)




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v2i1.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.