FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEUNGGULAN BERSAING PADA USAHA TRAVEL (Studi pada Usaha Travel Sederhana Tranz di Bandar Lampung)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keunggulan bersaing Sederhana Trans di Bandarlampung. Tempat penelitian ini di lakukan di Jalan Mayor Salim Batubara Teluk Betung Bandarlampung yang merupakan kantor usaha travel Sederhana trans. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan purposive sampling dan terdiri dari konsumen yang sudah pernah menggunakan jasa travel Sederhana Trans. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik regresi dengan alat uji SPSS 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keunggulan bersaing (variabel Y) pada perusahaan travel Sederhana Trans dipengaruhi oleh faktor kualitas produk (variabel X1) dan kualitas pelayanan (variabel X2). Hasil uji F menunjukkan secara simultan kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian : PT Rineka Cipta, Jakarta.
David, Fred. R. 2004. Strategic Management. Sixth Edition. New Jersey. Practice Hall.
Day, George S. 1998. Strategic Marketing Planning: The Persuit of Competitive Advantages : St. Paul. M.N, West Publishing Company.
Delmas, 2000. Nilai-nilai Diferensiasi pada perusahaan kecil dan menengah. Jakarta
Del Valle, Ignacio Danvilla dan Miguell Angel Sastre Castillo. 2008. Human Capital and Sustainable Competitive Advantages: Analysis of the Relationship Between Training and Performances. Springer Science + Business Media. Spain.
Firmansyah, ,2008 Segmentasi dan potitioning; Perspektif Persaingan Bisnis, Manajemen Usahawan Indonesia; No. 05/th.XXXVII-Jakarta.
Jogiyanto dan Abdillah. 2009. Konsep dan Aplikasi SPSS.: PT Rineka Cipta Jakarta.
Jogiyanto. 2008. Cara cepat memahami penggunaan Aplikasi SPSS.: PT Rineka Cipta Jakarta.
Kotler-Keller, 2009. Competitive Advantage : Corporate Advantage hal.138-139. Newyork.
Mattews, Judy. ,2005. Competitive Advantages in Public Sector organizations, Journal of Business Research Vol. 58, 2005, London.
Priyatno, 2013. Metode Penelitian Sosial: Teknik Menyusun Laporan Penelitian. Jakarta
Purnama dan Setiawan, 2003, Keunggulan Perusahaan dalam Persaingan Bisnis, Jakarta,.
Reksohadiprodjo, Sukanto dan Handoko. T.Hani. 2000. Organisasi Perusahaan. Yogyakarta: BPFE
Robert Grede, Sergio Zyman, 2000, Product Differentiation. Alih Bahasa, Bambang Lukmansyah : PT. AKP Group, Jakarta
Simamora, Bilson . 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. PT. Gramedia Pustaka Tama, Jakarta.
Sitepu, Masliana Bangun, 2005. Mengatasi Berbagai Tantangan di Era Globalisasi melalui Peningkatan Perilaku Kewiraswastaan. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Bisnis dan Birokrasi, Vol 13 No 1. Jakarta.
Singarimbun, Masri dan Sofian Efendi, 1995. Pengantar Metodologi Survey. Jakarta: LP3ES.
Swatha dan Irwan, 2000, Konsep Pemasaran Sebagai Falsafah Bisnis, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v2i2.84
Refbacks
- There are currently no refbacks.