RETAIL REVOLUTION DI MASA PANDEMI COVID-19 Studi Kasus di Yomart Sukalarang

Diani Anggraeni, Zeffanya Raphael Wijaya

Abstract


ABSTRAK

Dalam beberapa dekade terakhir, perkembangan industri ritel telah membawa standarisasi luas format dan teknologi ritel global. Berdasarkan tinjauan literatur, perusahaan ritel global di era 4.0 ini adalah pelopor dalam menggunakan revolusi industri untuk mendirikan perusahaannya sendiri. dinasti dalam model ritel baru, mereka memperkenalkan dunia ke berbagai strategi e-commerce pada  perusahaan ritel global. Penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan pencatatan langsung dengan informan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kehadiran pandemi COVID-19 berdampak negatif terhadap kunjungan konsumen, pendapatan dan meningkatnya persaingan antar pelaku ritel. Adanya pandemi COVID-19 menjadi tantangan alami bagi pelaku bisnis ritel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan revolusi ritel di Yomart Sukalarang selama masa pandemi.


Keywords


Retail revolution; covid-19 pandemic; Retail

Full Text:

PDF

References


Alexander, Andrew. 1997. “Strategy and Strategists: Evidence from an Early Retail Revolution in Britain.” International Journal of Phytoremediation 21 (1): 61–78. https://doi.org/10.1080/095939697343139.

Beckers, Joris, Simon Weekx, Philippe Beutels, and Ann Verhetsel. 2021. “COVID-19 and Retail: The Catalyst for e-Commerce in Belgium?” Journal of Retailing and Consumer Services 62 (January): 102645. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102645.

Indonesia, Kementerian keuangan Republik. 2021. “Menkeu : Pandemi Merupakan Momentum Akselerasi Transformasi Digital.” Kementerian Keuangan Republik Indonesia, August 23, 2021. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/menkeu-pandemi-merupakan-momentum-akselerasi-transformasi-digital/.

Raco, ME., M.Sc. Dr. J. R. 2018. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya. Edited by Arita L. Gramedia Widiasarana Indonesia. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj.

Roggeveen, Anne L., and Raj Sethuraman. 2020. “How the COVID-19 Pandemic May Change the World of Retailing.” Journal of Retailing 96 (2): 169–71. https://doi.org/10.1016/j.jretai.2020.04.002.

Selwyn, Ben. 2013. “The Global Retail Revolution, Fruiticulture and Economic Development in North-East Brazil.” Review of International Political Economy 20 (1): 153–79. https://doi.org/10.1080/09692290.2011.633850.

Sheth, Jagdish. 2020. “Impact of Covid-19 on Consumer Behavior: Will the Old Habits Return or Die?” Journal of Business Research 117: 280–83. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.05.059.

Sugiyono, Prof. Dr. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta Sebelas Maret University Press. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=26639&pRegionCode=UN11MAR&pClientId=112.




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v1i2.68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.