PERBANDINGAN PENILAIAN KONSUMEN TERHADAP EKUITAS MEREK COFFEE SHOP DI BANDAR LAMPUNG (Studi Pada 5 Coffee Shop di Bandar Lampung)

Sherly Etika Sari, Rahma Diani Sormin

Abstract


Salah satu manifestasi gaya hidup modern saat ini adalah kebiasaan kelompok masyarakat tertentu  yang nongkrong di cafe atau coffee shops. Menjaga nama merek adalah hal penting, sukses atau tidaknya pengembangan merek sangat tergantung pada pengetahuan dan pemahaman konsumen tentang merek itu. Untuk dapat mengetahui kekuatan merek yang beredar dipasaran perlu dilakukan riset untuk mengukur kekuatan merek atau ekuitas merek. Tujuan Penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis perbedaan penilaian konsumen tentang ekuitas merek pada 5 Coffee Shop di Bandar Lampung antara lain Starbucks, Dr. Coffee, El’s Coffee House, Yellow Truck Coffee dan Keiko Bahabia. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini 10 x 4 variabel = 40 sampel pengunjung setiap coffee shop, yang artinya total seluruh responden dari 5 coffee shop adalah 200. Analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian ini adalah analisis varians satu arah (One Way Anova) dengan bantuan program SPSS 21. Perbandingan Penilaian Konsumen terhadap Ekuitas Merek Coffee Shop (Studi pada 5 Coffee Shop di Bandar Lampung) ditemukan hasil sebagai berikut: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek pada coffee shop Starbucks, Dr. Coffee, El’s Coffee House, Yellow Truck dan Keiko Bahabia di Bandar Lampung; 2) Terdapat perbedaan yang signifikan kesadaran merek konsumen pada coffee shop Starbucks, Dr. Coffee, El’s Coffee House, Yellow Truck dan Keiko Bahabia di Bandar Lampung. Coffee shop Keiko Bahabia perlu dijadikan contoh, mengingat hanya coffee shop tersebut yang menerapkan berbagi edukasi terkait merek yang mereka miliki. Empat coffee shop lainnya harus mampu melakukan interaksi mendalam terkait uji merek yang mereka miliki ketika di konsumsi oleh pengunjung coffee shop.

Kata Kunci : Ekuitas Merek, Persepsi Kualitas, Kesadaran Merek, Asosiasi Merek dan Loyalitas Merek.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v1i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.