Analisis Pemahaman Pengantar akuntansi dan Kosa Kata Bahasa Inggris pada Implementasi Aplikasi MYOB

Yannisa Rahmawati

Abstract


MYOB (Mind Your Own Business) merupakan salah satu perangkat lunak akuntansi yang populer di kalangan perusahaan dan lembaga pendidikan. implementasi aplikasi MYOB tidak terlepas dari tantangan, terutama dalam konteks pendidikan. Siswa yang belajar akuntansi harus memiliki pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar akuntansi dan kemampuan berbahasa Inggris yang memadai. Pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar akuntansi adalah prasyarat penting bagi siswa yang ingin menggunakan MYOB dengan efektif. Meskipun beberapa siswa mampu memahami konsep dasar akuntansi, tantangan terbesar mereka adalah dalam mengerjakan siklus akuntansi yang panjang dan kompleks. Kesulitan ini dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam menggunakan aplikasi MYOB. emahaman siswa terhadap kosa kata bahasa Inggris, khususnya istilah akuntansi, juga masih perlu ditingkatkan. Ketidakmampuan menghafal nama akun dalam bahasa Inggris dapat menghambat pemahaman mereka terhadap siklus akuntansi manual dan penggunaan aplikasi MYOB. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang berfokus pada latihan kosa kata, pendekatan bilingual, dan pemanfaatan teknologi sangat diperlukan untuk membantu siswa menguasai istilah-istilah tersebut.

Keywords


MYOB, Kosa Kata Bahasa Inggris, Pengantar Akuntansi.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Jaenudin, R., & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 1-11

Anggresta, V. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Journal of Economic and Economic Education, 19-29

Fajarwati, T., & Listiadi, A. (2018). Pengaruh Penguasaan Pengantar Akuntansi, Bahasa Inggris dan Fasilitas Laboratorium Terhadap hasil Belajar Komputer Akuntansi Myob Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 126-130.

Nurdiyanti, R., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Penguasaan Akuntansi Dasar dan Kosa Kata Bahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 294-307.

Pratama, H. O., Utomo, S. W., & Yusdita, E. E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar MYOB pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Jurnal Ekonomi, manajemen dan Akuntansi , 81-97.

Rahmawati, Y., & Sormin, R. D. (2024). Implementasi MYOB Bersi 18 Pada Usaha Bidang Jasa Pendidikan. Journal of Economic and Bussiness Retail , 25-34.

Suwarsono, H., & Mariani, M. L. (2022). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Akuntansi, Pengantar Aplikasi Komputer dan Pengantar Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi MYOB. Media Akuntansi , 86-103.

Syamsiar, M. a., & Listiadi, A. (2022). Pengarus Akuntansi Perusahaan dagang, Kosakata Bahasa Inggris, Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi MYOB Kelas XII. Jurnal Pendidikan Tambusai , 14631-14641.




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v4i2.208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.