STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI KEDAI KOPI DOESOEN COFFEE AND SPACE BANDAR LAMPUNG

Anas Khair Prikurnia, Weni Yunisa Adriani, Rudi Kurniawan

Abstract


ABSTRACT

This research aims to determine strategies for increasing customer satisfaction through service quality at Bandar Lampung coffee shops with studies conducted at Doesoen Coffee Bandar Lampung coffee shops. This type of research uses explanatory research. The population in this research is consumers of the Doesoen Coffee and Space coffee shop. The sampling technique in this research was purposive sampling with a sample of 100 people who visited the coffee shop. Data was obtained from a questionnaire using Likert scale measurements. Based on research data analysis and data analysis, service quality with the dimensions of reliability, responsiveness, assurance and empathy has a significant positive effect on customer satisfaction. This shows that the influence of service quality with the dimensions of reliability, responsiveness, assurance and empathy can increase customer satisfaction at the Doesoen Coffee and Space coffee shop.

 

Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction, Doesoen Coffee and Space

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan melalui kualitas pelayanan di kedai kopi Bandar Lampung dengan studi yang dilakukan di kedai kopi Doesoen Coffee Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan Eksplanatory Research. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kedai kopi Doesoen Coffee and Space. Teknik  pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan sampel 100 orang yang mengunjungi kedai kopi tersebut. Data diperoleh dari kuesioner menggunakan pengukuran skala likert. Berdasarkan analisis data penelitian dan analisis data, kualitas pelayanan dengan dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan dengan dimensi keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati dapat meningkatkan kepuasan pelanggan di kedai kopi Doesoen Coffee and Space.Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Doesoen Coffee and Space

Keywords


Service Quality, Customer Satisfaction, Doesoen Coffee and Space, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Doesoen Coffee and Space

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian- Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aritonang, Lerbin R. (2005). Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Babbie, Earl. (1992). The Practice of Social Research. California: Wardsworh Publishing Company

Barata, Ateb Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT.Elek Media komputindo.

Curry, Jay. (2004, October 5). Customer Pyramid: A Proven CRM Strategy. Diambil dari http://mthink.com/content/customer-pyramid-proven-crm- strategy.

Daryanto dan Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima, Yogyakarta: Gava Media,

Direktorat Jendral Perkebunan.2019.Statistik Perkebunan Indonesia (Kopi) 2017-2019

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 19 (Edisi 5). Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

International Coffee Organization 2019 Domestic Consumptions by Exporting Countries. http://www.ico.org.

Jefkins, Frank. 1995. Public Relations Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga

Kasmir. (2011). Etika Customer Service. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Khoirul Maddy. 2009. Hakikat dan Pengertian Pelayanan Prima, Jakarta: Chama Digit

Kotler, P. and Armstrong, G.2001. Principle of Marketing 9thnEdition. New Jersey: prentice Hall

Kotler, Philip. and Keller, K.L. (2009). Marketing Management: 13th Edition.New Jersey: Upper Saddle River.

Lemon, Katherine N; Rust, Roland T; Zeithaml, Valerie A. (2001). What Drives Customer Equity. Journal of Marketing Management, 10 (1), 20-25.

Lovelock, C. (2002). Service Marketing and Management, 2nd Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.

Lovelock, Christopher H. & Lauren K Wright. (2007). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks.

M. Nur Rianto Al Arif.2010. Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Altabeta.

Malayu S. P. Hasibuan. 2007. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mix Marketing & Communication & Toffin.2020. Brewing In Indonesia : Insights for Successful Coffee Shop Business

Miles, M.B & Huberman A.M. 1984, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia

Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moore, H. Frazier; Lilawati Trimo: Deddy Djamaludin Malik; Onong Uchjana Effendy. (2000). Humas: Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nina Rahmayanty. 2013. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu

Radjab, E. & Jam’an, A. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Makassar: Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar

Sekaran, U. 2011. Research Methods For Business. Edisi IV. Salemba Empat: Jakarta.

Sekaran, U dan Bougie, R. 2017. Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta. Salemba Empat.

Jurnal

Abdillah, Fitri & Arif Imam Suroso. (2008). Studi Penilaian Pelaksanaan Customer Relationship Management (CRM) di Taman Wisata Mekarsari, Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 13(1), 45-60.

Ai Lili Yuliati. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabang Bandung

Michael Loekito Dkk. 2014. Analisa Pengaruh Marketing Mix (7P) Terhadap Keputusan Pembelian di FOLKS! Coffee Shop and Tea House Surabaya

.Ni Made Arie Sulistyawati, Ni Ketut Seminari, 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar

Putri Maharani Purnama. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Wedding Organizer di Kota Prabumulih

Sari, Suci Defina. (2009). Kegiatan Marketing Public Relations (MPR) dalam Upaya Membentuk Pengetahuan Produk (Product Knowledge) kepada Khalayak (Studi Pada Produk Shar-E Bank Muamalat). Skripsi FISIP Universitas Indonesia, 15-19.

Suisa, K dan Febrilia, V. 2014. Gaya Hidup Minum Kopi Konsumen Di The Coffee Bean & Tea Leaf Plasa Tunjungan Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa.

Internet

https://www.antaranews.com/berita/1821160/pemprov-lampung-gelar-festival- kopi-2020




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v4i1.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.