PENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN RIL Angkatan 2019-2022 Pengguna Jasa Maxim)

Radita Tri Yulina

Abstract


Salah satu kunci keberhasilan perusahaan dibutuhkan sumber daya yang proaktif. Pentingnya pengaruh komunikasi Pemsaran pada perusahaan berperan menumbuhkan suatu ikatan yang terjadi pada pelanggan. Kurangnya tingkat Loyalitas Pelanggan, Banyaknya komplain atau keluhan dari pelanggan  membuat pelanggan kurang puas atau bahkan tidak puas dengan aplikasi maxim..

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (library research) dengan jenis pendekatan penelitian kuantitatif dengan Jumlah Sampel 100 Mahasiswa Febi Angakatan 2019-2020. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumen dan kuesioner, kuesioner disebarkan melalui google form dengan pertanyaan dan pernyataan yang dibuat oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3.0.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Komuniksi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel Komunikasi Pemasaran dan Kualitas Pelayanan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Perspektif Ekonomi Islam memandang bahwa Loyalitas Pelanggan merupakan suatu produk atau jasa ditentukan oleh kepuasan atau ketidakpuasan akan suatu produk sebagai akhir dari proses penjualan. Konsep loyalitas pelanggan lebih banyak diartikan dengan perilaku daripada sikap. Salah satu sikap positif pelanggan dapat ditunjukan melalui setia kepada produk perusahaan dan merekomendasikan produk tersebut kepada pihak lain. Memuculkan rasa loyalitas dalam melaksanakan tugasnya sesungguhnya dirahmati Allah SWT.

Keywords


Komunikasi pemasaran, kualitas pelayanan,loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v4i1.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.