PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TRANSPORTASI ONLINE INDRIVER TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI BANDAR LAMPUNG

amirul ichsan, Aprilia Baiduri, Anisa Kamila, Vicky f Sanjaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas Pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen pada transportasi online indriver bandar lampung. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dan Fasilitas sebagai variabel independen, serta Kepuasan Konsumen sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 59 responden. Dengan pengambilan sampel menggunakan metode teknik purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan, namun pada dan variabel fasilitas berpengaruh positif dan tidak signifikan sehingga dalam hal ini pihak InDriver dapat terus memberikan serta meningkatkan kenyamanan bagi para pelanggan    jasa transportasi online di Bandar Lampung.

Kata Kunci :    Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Indriver, Kepuasan Konsumen


Full Text:

PDF

References


Bitner, M. J. (1992). Servicescapes: The Impact of Physical Surroundings on Customers and Employees. Journal of Marketing, 56(2), 57. https://doi.org/10.2307/1252042

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi Ke-16. In Manajemen Pemasaran.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran. In Jakarta: Erlangga.

Nikin Hardati, R. (2021). PENGARUH KINERJA DRIVER DAN FASILITAS APLIKASI TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Gojek Kota Malang). Profit, 15(01), 74–83. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2021.015.01.8

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multi-item scale for measuring customer perception of service quality. Journal of Retailing.

Rifaldi, Kadunci, & Sulistyowati. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 1.

Soromi, R. K., Pelleng, F. A. O., & Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online GrabBike Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 19. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23527.19-27

Sugiyono. (2017). Pengertian Populasi & Sampel Menurut Sugiyono. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.

Sugiyono. (2021). Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan R&D. In Jurnal Al-Hikmah.




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v4i1.161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.