ANALISIS STRATEGI UMKM ANGKRINGAN BANG JALI DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING

Ratu Chaterine Fajri, Anas Khair Prikurnia

Abstract


Angkringan ialah tempat makan dengn harga yang cukup murah serta Identik dengan kebersamaan serta kesederhanaan nya buat sekedar makan, minum kopi, serta nongkrong. Angkringan telah banyak ditemukan di Kota Bandar Lampung. Angkringan sebagai bentuk perekonomian kecil yang bisa bertahan dan bersaing dengan Rumah Makan cepat saji juga warung-warung lain di Kota Bandar Lampung. Salah satu angkringan yang berada di Kota Bandar Lampung ialah Angkringan Bang Jali yang berada di Jl. Jenderal Sudirman 66-62, namun Angkringan – angkringan serupa yang berada di dekat Angkringan Bang Jali pun semakin bersaing dalam merebut pelanggan terdapat beberapa Angkringan yang lain dan Warung Ketoprak Romo. Banyak menu makanan dan minuman yang tersedia di Angkringan Bang jali dan memiliki ciri khas menu yaitu Nasi Goreng Rempah Krakatau yang sangat diminati bagi para pelanggan angkringan tersebut. Angkringan Bang Jali ini berada diluar ruangan jadi ketika hujan datang itu akan membuat para pelanggan kurang menikmati, disaat weekend angkringan ini ramai di datangi para pelanggan namun disaat weekday angkringan ini kurang ramai di datangi pelanggan. Strategi manajemen pemasaran untuk mengatasi perubahan lingkungan eksternal juga internal dapat dilihat dengan kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang. Analisis SWOT merupakan cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan dalam manajemen pemasaran tersebut.

Kata Kunci : Angkringan, Strategi, Pemasaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v3i2.114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.