STRATEGI BERSAING AYAM GORENG MASTER CHICKEN BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Pada Ayam Goreng Master Chicken Bandar Lampung)

Rudi Kurniawan, Anas Khair Prikurnia, Seni Nurbaiti

Abstract


ABSTRAK

Lampung merupakan daereh sedang berkembang dimana fasilitas-fasilitas seperti tempat penginapan di kota Bandar Lampung saat ini terus diciptakan, selain Fasilitas-fasilitas lain mengikuti perkembangan rumah makan baik berskala besar maupun kecil. Rumah Makan di Bandar Lampung dari waktu ke waktu menunjukan perkembangan yang signifikan. Hal ini terlihat dari banyaknya usaha rumah makan yang di bangun tersebar hampir seluruh wilayah Bandar Lampung. Penelitian ini digunakan metode analisis Matrik Daya Tarik Industri atau yang sering disingkat MDTI.yaitu menentukan variable-variabel yang berpengaruh bagi perusahaan.variable eksternal dan internal. Setelah itu pendekatan kuantitatif dengan pemberian bobot pada variable eksternal dan internal perusahaan maupun konsumen. pemberian bobot, total keseluruhan variable eksternal maupun internal yaitu 1 atau 100%. dalam pemberian nilai, digunakan criteria tertentu yaitu menggunakan skala 4. Dari analisis variabel internal, diketahui adanya peluang perusahaan yang ditunjukkan oleh indikator: variasi produk pelayanan dari segi kecepatan dan keterampilan dan fasilitas dari segi toilet dan fasilitas pendukung lainnya hasil analisis variabel eksternal, diketahui bahwa peluang bagi perusahaan yang ditunjukkan oleh indikator: daya beli konsumen strategi berdasarkan MDTI, yaitu dengan: Pertumbuhan Selektif, Investasi Agresif, dan Memelihara Posisi Di Tempat Lainmemberikan nilai tambah bagi konsumen lokasi perusahaan, disarankan agar melakukan desentralisasi lokasi sehingga mudah dijangkau konsumen dan sumber daya manusia, menambah jumlah karyawan konsumen karyawan terpenuhi.Indikator ancaman bagi perusahaan jaminan produk, maka disarankan perusahaan melakukan kerja sama dengan departemen kesehatan dan Badan POM untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan virus flu burung, dan memberikan dipenelitian lokasi strategis guna menarik pelanggan potensial.

Kata   Kunci:   Startegi,   Persaingan,   dan  MDTI


Keywords


Startegi, Persaingan, MDTI (Matrik Daya Tarik Industri)

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Basu Swasta D.H dan Irawan, (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Edisi II.Jakarta. Liberty

Cravens, David W. (1996). Pemasaran Strategis. Edisi IV. Jakarta : Erlangga.

Grant, Robert M. (1999). Analisis Strategi Kontemporer, Konsep, Teknik, Aplikasi.Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. (1987). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Edisi V. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. Dan Susanto, A. B, (1999) Manajemen Pemasaran Di Indonesia, Analisis Perencanaan Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta

Kotler, Philip (1993) Manajemen Pemasaran, Analisis Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : PT Prenhallindo

Poerter, Michael E (1980) Strategi Bersaing, teknik mengalisis industri dan pesaing.Jakarta : Erlangga

Sekaran, Uma, (2000) Research Methods for Business : A Skill Building Approach, Third Edition, New York, John Wiley & Sons, inc.




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v3i2.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.