Diversifikasi dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2019-2022)

M. Azka Kesuma Wardana, Maulina Agustin

Abstract


Bisnis adalah usaha yang terus menerus melakukan bisnis, menyediakan barang, atau membuat perjanjian perdagangan dengan tujuan menghasilkan uang. Menurut Molengraaff, begitulah bisnis ingin menghasilkan uang, maka perspektifnya adalah ekonomi. Perusahaan harus meningkatkan nilainya jika ingin bertahan dan makmur dalam iklim perdagangan yang kejam dan serba cepat. Profitabilitas dan diversifikasi merupakan dua faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan. Untuk memastikan hubungan antara dua variabel atau lebih, digunakan teknik penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini. Program Eviews 12 digunakan untuk mengolah data kuantitatif. Sebuah teori kerja untuk menggambarkan, meramalkan, dan mengendalikan fenomena dihasilkan oleh penelitian ini. Angka-angka digunakan dalam pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil studi kuantitatif ini. Semua orang adalah peserta dalam studi. 40 bisnis yang terdaftar di Jakarta Islamic Index menjadi populasi penelitian. Populasi yang sampelnya merupakan bagian memiliki ciri khusus. Purposive sampling adalah teknik yang digunakan, dan standar yang digunakan sebagai berikut: (1) Bisnis yang terdaftar di Jakarta Islamic Index; (2) Bisnis yang termasuk dalam 10 Pemilik Efek dengan Kepemilikan Terbesar di Jakarta Islamic Index; (3) Bisnis yang menawarkan data yang dapat diubah yang diperlukan untuk studi. Dengan demikian, 40 organisasi dengan 10 Kepemilikan Sekuritas Terbesar yang masuk dalam Jakarta Islamic Index memberikan 38 sampel data penelitian. Diversifikasi Perusahaan mengurangi nilai perusahaan. Nilai perusahaan secara signifikan meningkat dengan profitabilitas. Studi ini menyelidiki bagaimana profitabilitas dan diversifikasi berdampak pada nilai perusahaan. Perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) periode 2019–2022 menjadi objek penelitian dalam penelitian ini. Jelas dari pembahasan bahwa diversifikasi dan profitabilitas tidak berdampak pada nilai perusahaan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v3i2.108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.