Peran Perempuan Dalam Pengembangan UMKM Berbasis Pengetahuan Khas Perempuan Kab. Pesawaran

Iis Ariska N., Tiara Rochmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan perempuan dengan pengetahuan khusus dalam Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Kabupaten Pesawaran, khususnya dalam industri fesyen, kerajinan, dan kuliner. Sampel-sampel dikumpulkan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SEMPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pengusaha perempuan di industri-industri tersebut sangat menekankan pentingnya ekuitas pemilik sebagai modal awal. Baik pengusaha perempuan yang sudah menikah maupun yang belum menikah mendapatkan dukungan dari keluarga dalam menjalankan usaha mereka. Selain itu, perempuan-perempuan ini menunjukkan kemandirian yang luar biasa, terutama dalam pengembangan UMKM. Hal ini memungkinkan perempuan untuk menjadi mandiri secara finansial dan menciptakan peluang kerja tanpa bergantung pada orang lain. Selain itu, keterlibatan perempuan dalam pengembangan UMKM ini patut diapresiasi karena mereka memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan, melakukan kegiatan bisnis, dan menjalankan pekerjaan sampingan secara bersamaan.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Citra Dwi dan Oktafia, Renny. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Inovasi Produk. Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Melalui Perkuatan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Di Jawa Timur. Pp. 85-91.

Anisa, Z., Sofwan Rafiq., Theresia Indraswari., Sylvia Febriana Listy., Debora Kesi Malafu., Chika Ramona F.W., Jan Kartens Morintoh. (2019). Pemanfaatan UMKM Sebagai Bentuk Pemberdayaan Perempuan di Bidang Ekonomi. Mini Riset. Matakuliah Gender in International Relations B. Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

Ardiani, I., S., Indarto, Saifuddin. (2018). Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing pada UMKM Handycraft di Semarang. Bank Indonesia, Laporan Perekonomian Provinsi Sulawesi. (2021).

Bank Indonesia, “Undang-Undang No. 20 tahun 2008” dalam http://bi.go.id/uu-bi- /.

Febriani. (2012). Peran Wanita dalam Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Padang, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 3, Nomor 3.

Fitrina, Nika, R. (2016). Pemberdayaan Perempuan dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Melalui Industri Kecil di Pedesaan (studi dalam kelompok Usaha Bersama (KUB) Serang di Desa Pulorejo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grogoban). Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Heri, N., Fajar, K., A.M.G. (2019). Tingkat Inovasi Sebagai Strategi Pengembangan Produk Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta PGRI, 11(1), 1-15.

Hamid, A.W.S, Titik S., Hana I. (2020). Partisipasi Perempuan dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat dengan Kontribusinya terhadap Pendapatan Rumah Tangga. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. 4(2): 235-248.

Hidayat, A., Pujiono, Saru A., Laga, S. (2020). Pemberdayaan Perempuan Kelompok UKM di Desa Jetis Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Journal of Dedicators Community. 4(2):119-131.

Hirawan, Z. (2016). Strategi Pengembangan UMKM di Kabupaten Subang. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/13

Idayu, R., Mohamad Husni, Suhandi Suhandi. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo. 7(1):73-85.

Indiworo, H., E. (2016). Peran Perempuam dalam Meningkatkan Kinerja UMKM. Universitas PGRI Senarang. Jurnal Equilibria Pendidikan. 1(1):40-58.

Jauhari. (2019). Faktor – Faktor Pendorong Perempuan Dalam Mengambil Keputusan Berwirausaha (study kasus: Pada Sentra Usaha Kecil Menengah Batik Jambi Kecamatan Danau Teluk Kota Seberang). Skripsi. Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Mangera, N., Harniati, Ayu, D,. P., R. (2019). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dangan Tingkat Kecemasan Pasien Pre Operasi di RSUD Andi Makkasau Kota Parapare. Jurnal Ilmiah Manusia dan Kesehatan. 2(3). 388-400.

Marthalina (2018). Pemberdayaan Perempuan dalam Mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Institut Pemerintah dalam Negeri. Jurnal Pembangunan Pemberdayaan Pemerintah. 3(1):59-76.

Nafi, M. (2021). Potensi dan Tantangan UMKM Perempuan dalam Perekonomian Indonesia. (online). (https://www.msn.com/id-id/ekonomi/ekonomi/potensi-dan- tantangan-umkm-perempuan-dalam-perekonomian-indonesia/ar-AAPZqtL




DOI: https://doi.org/10.69769/jebr.v3i2.102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.